Selasa, 10 Mei 2016

COBIT

Control Objective for Information and related Technology, disingkat COBIT, adalah suatu panduan standar praktik manajemen tekhnologi informasi. Standar COBIT dikeluarkan oleh IT Governance Institute yang merupakan bagian dari ISACA. COBIT 4.1 merupakan versi terbaru. COBIT mendukung tata kelola TI dengan menyediakan kerangka kerja untuk mengatur keselarasan TI dengan bisnis. Selain itu, kerangka kerja juga memastikan bahwa TI memungkinkan bisnis, memaksimalkan keuntungan, resiko TI dikelola secara tepat, dan sumber daya TI digunakan secara bertanggung jawab.
COBIT merupakan standar yang dinilai paling lengkap dan menyeluruh sebagai framework IT audit karena dikembangkan secara berkelanjutan oleh lembaga swadaya profesional auditor yang tersebar di hampir seluruh negara. Dimana di setiap negara dibangun chapter yang dapat mengelola para profesional tersebut.

COBIT memiliki 4 cakupan domain, yaitu :
·        Planning & Organization.
Domain ini menitikberatkan pada proses perencanaan dan penyelarasan strategi TI   dengan strategi perusahaan, mencakup masalah strategi, taktik dan identifikasi tentang bagaimana TI dapat memberikan kontribusi maksimal terhadap pencapaian tujuan bisnis organisasi sehingga terbentuk sebuah organisasi yang baik dengan infrastruktur teknologi yang baik pula.

Domain ini mencakup :

ü PO1 – Menentukan rencana strategis             
ü PO2 – Menentukan arsitektur informasi

ü PO3 – Menentukan arah teknologi

ü PO4 – Menentukan proses TI, organisasi dan hubungannya

ü PO5 – Mengelola investasi TI

ü PO6 – Mengkomunikasikan tujuan dan arahan manajemen

ü PO7 – Mengelola sumber daya manusia

ü PO8 – Mengelola kualitas

ü PO9 – Menilai dan mengelola resiko TI

ü PO10 – Mengelola proyek


·        Acquisition & Implementation.
Domain ini berkaitan dengan implementasi solusi IT dan integrasinya dalam proses bisnis organisasi untuk mewujudkan strategi TI, juga meliputi perubahan dan maintenance yang dibutuhkan sistem yang sedang berjalan untuk memastikan daur hidup sistem tersebut tetap terjaga.

Domain ini meliputi:

ü   AI1 – Mengidentifikasi solusi yang dapat diotomatisasi.

ü  AI2 – Mendapatkan dan maintenance software aplikasi.

ü AI3 – Mendapatkan dan maintenance infrastuktur teknologi

ü AI4 – Mengaktifkan operasi dan penggunaan

ü AI5 – Pengadaan sumber daya IT.

ü AI6 – Mengelola perubahan

ü AI7 – Instalasi dan akreditasi solusi dan perubahan.

·        Delivery & Support.
Domain ini mencakup proses pemenuhan layanan IT, keamanan sistem, kontinyuitas layanan, pelatihan dan pendidikan untuk pengguna, dan pemenuhan proses data yang sedang berjalan.

Domain ini meliputi :

ü DS1 – Menentukan dan mengelola tingkat layanan.

ü DS2 – Mengelola layanan dari pihak ketiga

ü DS3 – Mengelola performa dan kapasitas.

ü DS4 – Menjamin layanan yang berkelanjutan

ü DS5 – Menjamin keamanan sistem.

ü DS6 – Mengidentifikasi dan mengalokasikan dana.

ü DS7 – Mendidik dan melatih pengguna

ü DS8 – Mengelola service desk dan insiden.

ü DS9 – Mengelola konfigurasi.

ü DS10 – Mengelola permasalahan.

ü DS11 – Mengelola data

ü DS12 – Mengelola lingkungan fisik

ü DS13 – Mengelola operasi.

·        Monitoring and Evaluation.
Domain ini berfokus pada masalah kendali-kendali yang diterapkan dalam organisasi, pemeriksaan intern dan ekstern dan jaminan independent dari proses pemeriksaan yang dilakukan.

Domain ini meliputi:


  •     ME1 – Mengawasi dan mengevaluasi performansi TI.
  •     ME2 – Mengevaluasi dan mengawasi kontrol internal

  •     ME3 – Menjamin kesesuaian dengan kebutuhan eksternal.

  •    ME4 – Menyediakan IT Governance



Maksud utama COBIT ialah menyediakan kebijakan yang jelas dan good practice untuk IT governance, membantu manajemen senior dalam memahami dan mengelola resiko-resiko yang berhubungan dengan IT. COBIT menyediakan kerangka IT governance dan petunjuk control objective yang detail untuk manajemen, pemilik proses bisnis, user dan auditor. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar